5 Mar 2012

Asal Sepeda Motor dan Penemunya

Sepeda motor merupakan suatu kendaraan yang sering kita kendarai, dan semua masyarakat di Indonesia banyak yang menggunakan sepeda motor sebagi alat transportasi karena sangat efisien. Tahukah sobat OZ siapa penemu sepeda motor ? apabila belum tahu saya akan menjelaskan secara singkat siapa penemu sepeda motor. Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor,yaitu Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Dari ketiga rancangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, disini saya akan membahas tentang sejarah lahirnya sepeda motor secara global.


Perancang pertama pada tahun 1868 adalah Ernest Michaux seorang berasal dari negara Perancis. pada waktu itu tenaga penggerak yang dipergunakan  ialah mesin uap. Dan akhirnya proyek ini tidak berhasil. Edward Butler mencoba menyempurnakan pada tahun 1885 dengan membuat kendaraan lain yakni yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan mesin pembakaran dalam.

Di tahun yang sama Gottlieb Daimler memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin, dialah sebenarnya pencipta sepeda motor yang berhasil. Akan tetapi jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak.  Pada tahun 1892 Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat memperkenalkan sepeda motor model baru, yang disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897.

Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 km/jam.

Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York. Disebut-sebut, di tahun yang sama, seorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesainnya sendiri.Menurut Pennington, sepeda motor yang dia desain itu dapat dipacu dengan kecepatan 93 km/jam, dan ia dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle. Sekian semoga bermanfaat bagi sobat OZ.

0 komentar:

Posting Komentar