25 Apr 2012

Mobil Terbaru HONDA CR-Z Hybrid

Hai Sobat Oz taukah ada mobil terbaru dari Honda? Di Jepang Honda Motor Co, akhirnya secara resmi meluncurkan mobil terbarunya yaitu HONDA CR-Z  (Compact Renaissance Zero). Mobil ini merupakan mobil keluarga yang telah menganut teknologi hybrid, selain mobil keluarga adapula juga mobil sport, masing-masing kendaraan sangat ini irit bahan bakar, ramah lingkungan dan bobot yang lebih ringan. . Di Jepang, hybrid sport ini dijual mulai dari ¥2.160.000 (Rp 220 juta) sampai ¥2.380.000 (Rp 245 juta) atau sekitar $19,695.



Adapun Honda versi dress-upCR-Z, mobil sport ini mempunyai 3 pintu(2 pintu utama dan 1 pintu bagasi belakang). Tampilan khas dari mobil spor Honda CR-Z ini adalah  terlihat dari posturnya dari tingginya hanya 1.395 mm cukup ceper dan jarak sumbu roda termasuk pendek hanya 2.435 mm, sedangkan lebarnya 1.740 mm. Diperlihatkan dari segi dimensi panjangnya 4.080 mm, tidak  jauh beda dengan salh satu rekannya HONDA Jazz yaitu (3.900 mm). Dari segi posisi peletakan mesin  juga lebih rendah begitu pula dengan suspensinya. AlHasiln HONDA CR-Z hybrid sport benar-benar  sporty sejati .



Ada dua system yang berfungsi bekerja yakni saat melaju di jalan raya seperti tol, hanya mesin yang bekerja.Dan saat melambat atau direm, motor listrik menjadi generator yang berfungsi menghasilkan listrik yang kemudian dikirim ke baterai, seperti layaknya generator biasanya. Mobil ini dilengkapi sistem stop otomatik apabila  mobil berhenti, mesin langsung mati. Tiga Mode Menurut Honda, CR-Z merupakan model pertama yang dilengkapi dengan fitur tiga mode mengemudi: SPORT, NORMAL atau ECON. Pilihan tersebut disesuaikan dengan gaya mengemudi atau situasi mengemudi seperti di kota, jalan tol atau di daerah yang banyak tikungannya. Dengan menggunakan mesin 1,5 liter dengan teknologi i-VTEC, konsumsi bahan bakar paling irit dari mobil ini yaitu 25 km/liter (kpl) dengan transmisi otomatik CVT.


Bagi pengemudi yang ingin dengan gaya sport, Honda menawarkan transmisi manual 6-speed (mobil ini pertama di dunia untuk mobil hybrid) dengan konsumsi bahan bakar 22,5 kpl. Mesin CR-Z 1,5 liter ini, klaim Honda kemampuannya sama dengan mesin dengan 2,0 liter. Tenaga yang dihasilkan 84kW (114PS) @ 6.000 rpm. Pada saat stasioner hanya satu dari dua katup isap yang bekerja ini berujuan untuk mengirit konsumsi bahan bakar. Kedua sumber tenaga HONDA hybrid ini yaitu motor bakar dan motor listrik, yang bekerja bekerja secara paralel. Jadi saat mesin start dan akselerasi, mesin bekerja sebagai penggerak utama dan dibantu oleh motor listrik.




2 komentar:

  1. makasih gan atas info nya. Mohon dukungannya untuk kontes SEO Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

    BalasHapus
  2. info yang menambah wawasan terimakasih
    jangan lupa mampir gan

    BalasHapus