9 Agu 2011

9 Cara Perawatan Mesin Diesel

Agar performa mesin diesel tetap stabil, disini akan membahas perawatan agar performa mesin tetap optimal, yuk kita lihat 9 (sembilan)cara perawatan mesin diesel.

1. Tiap - tiap delapan jam (perawatan harian)
  • Periksa keadaan air radiator, pelumas, oli bahan bakar, minyak.
  • Buang air yang mungkin ada dalam saluran pembakaran, inlet manipold,    tabung anginnya.
  • Periksa ikatan baut.
  • Berikan sedikit pelumas pada stang-stang penghubung governor.
  • Bersihkan saringan udara.

Tujuannya:
  • Perawatan ini dilakukan supaya mesin dapat digunakan tiap hari dan dapat dioperasikan dengan baik.
  • Supaya mengetahui keadaan oli pembakaran, radiator dan minyak.
  • Supaya tahu mana baut yang kendor atau tidak kencang karena getaran pada mesin diesel sangat kuat.

2. Pemeliharaan mingguan (150 jam)

  • Membuka dan membersihkan saringan.
  • Periksa dan pebaiki kebocoran pada saluran-saluran minyak pelumas dan bahan      bakar.
  • Cuci dan bersihkan badan mesin.

Tujuannya:
  • Untuk membersihkan saringan udara dari debu dan kotoran agar tidak menghambat udara yang masuk.
  • Mengetahui kebocoran pada sluran pelumas dan bahan bakar.
  • Supaya badan mesin tidak mudah terkena korosi dan karat.

3. Pemeliharaan Tengah Bulanan (250 jam)
  • Buang dan ganti minyak pelumas.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin, pada mesin dengan pendingin air.
 Tujuannya:
  • Mengetahui kebocoran pada saluran pelumas dan bahan bakar.
  • Supaya pada saat penyalaan awal lebih mudah.

4. Pemeliharaan bulanan (500 jam)
  • Periksa dan stel klep bila dianggap perlu.
  • Cuci dan bersihkan badan mesin dan base panel.
Tujuannya:
  • Supaya suara mesin tidak terlalu keras.
  • Supaya badan mesin dan plat tidak mudah terkena korosi atau berkarat.

5. Tiap-tiap 1.000 jam
  • Buang, cuci, dan ganti minyak pelumas.
  • Memeriksa fungsi-fungsi governor.
Tujuannya:
  • Supaya pelumasan-pelumasan pada mesin lebih sempurna
  • Untuk mengetahui governor berfungsi dengan baik
6. Tiap-tiap 1.500 jam
  • Bersihkan inlet manifold dan sistem exhaust.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin pada mesin dengan menggunakan air.
  • Periksa stang-stang penghubung pada governor dan lumasi dengan minyak pelumas seperlunya.
  • Ganti saringan minyak bahan bakar.
  • Bersihkan saluran nozzle dan stel tekanannya.
  • Lakukan dekarbonisasi bila mesin telah menunjukkan gejala-gejala penurunan kompresi.
  • Mengukur atau mempebaiki defleksi poros.
Tujuannya:
  • Supaya mesin dapat bekerja dengan baik dan siap digunakan sewaktu waktu.
  • Dilakukan dekarbonisasi adalah supaya kompresi pada mesin menjadi lebih baik lagi.
  • Untuk mengetahui seberapa besar defleksi pada poros engkol.
7. Tiap-tiap 3.000 jam
  • Bersihkan tangki bahan bakar.
  • Bersihkan saluran air pendingin, heat excharher, oil cooler dan inter cooler.
  • Lakukan top over haul, ganti komponen yang mengalami kehausan.
Tujuannya:
  • Supaya badan mesin tahan lama dan tidak tekena korosi.
  • Supaya mesin dapat digunakan lebih lama.
  • Dilakukan top over haul adalah untuk mengetahui komponen.
  • Komponen mana saja yang harus diganti dan yang masih bias dipakai.
8. Tiap-tiap 6.000 jam
  • Periksa semua pegas klep.
  • Bongkar cylinder head dan lakukan dekarbonisasi, gosok klip-klip dan bersihkan rongga-rongga air pendingin.
  • Bersihkan kerak-kerak pada permukaan piston.
  • Bersihkan seluruh sistem exhaust.
  • Bersihkan pipa-pipa saluran bahan bakar.
  • Periksa dan bersihkan pipa-pipa minyak pelumas.
  • Periksa karet-karet duduk mesin gantilah bila perlu.
Tujuannya:
  • Supaya mesin dapat digunakan lebih baik.
  • Supaya tidak tersumbat oleh debu dan kotoran.
  • Untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu diganti dan yang tidak.
9. Tiap-tiap 1.200 jam
  • Lakukan general over haul, ganti komponen-komponen yang mengalami keausan.
  • Pemeriksaan atau penggatian piston klep.
  • Pemeriksaan atau penggatian pompa injeksi.
  • Pemeriksaan atau penggatian klep dan perklep.
Tujuannya:
  • Supaya mesin tahan lama
  • Dilakukan general over haul adalah untuk mengganti komponen ­komponen yang  mengalami keausan.
sekian dan terima kasih, semoga bermafaat yaa ..

1 komentar:

  1. Misi gan numpang ngiklan ya :D
    bagi yang butuh utk oli & grease berkualitas merk ExxonMobil, Shell, Total, Pertamina, Agip Eni, Petroasia dijamin ORI utk mesin industri, hidrolik, kompressor, gear, mesin diesel, turbin dll
    kunjungi http://www.jualpelumasindustri.com/

    BalasHapus