9 Agu 2011

Kerusakan dan Penanggulangan Operasi Mesin Diesel

Mesin diesel ini adalah suatu alat yang sangatlah sering dimanfaatkan oleh perorangan atau industri kecil dan menengah ke atas. Dimana kegunaanya yang dapat dipergunakan untuk bebrapa kebutuhan yang sering dilakukan oleh manusia untuk membantu proses pembuatan pengilingan kacang kedelai dan masih banyak lagi. Disini akan di bahas beberapa kasus kerusakan dan penanggulangan dalam operasi mesin diesel.

1. Kasus mesin tidak dapat dinyalakan
a. Tuas engkol tak dapat digerakkan oleh pasokan udara atau terlalu berat untuk dinyalakan. Penyebabnya viskositas dari pelumas tidak cocok, bagian-bagian mesin saling melekat atau terlalu rapat pemasangannya. Penaggulangannya periksa viskositas, gunakan  pelumas yang sesuai , bongkar dan pasang kembali bagian-bagian mesin.

b. Tuas engkol tidak dapat berputar oleh pasokan udara, tapi penyalaan dapat berjalan lancar. Penyebabnya tekanan dari tangki udara terlalu kecil Penanggulangannya pasokan udara dari kompresor harus melebihi 20kg/cm² dalam tangki.

c. Tuas engkol berputar oleh pasokan udara tapi mesin tidak menyala, dan seperti ada kerusakan pada irjeksi bahan bakar. Penyebabnya udara bercampur dengan bahan bakar, tertutupnya saringan bahan bakar atau pipa, kerusakan pompa injeksi bahan bakar atau kualitas bahan bakar yang buruk. Penanggulangannya alirkan udara melalui pipa, bersihkan saringan bahan bakar, periksa dan koreksi pompa injeksi bahan bakar, ganti dengan bahan bakar yang berkualitas baik.

2. Kasus warna aliran gas buruk dan output yang buruk
a.Aliran gas tidak keluar dari tiap silinder
Penyebabnya temperatur aliran udara tiap silinder tidak tepat, buruknya kualitas pipa. Penanggulangannya periksa dan sesuaikan temperatur, tekanan dan volume dari injeksi bahan bakar dari tiap silinder.

b. Asap hitam keluar dari silinder
Penyebabnya bahan bakar tidak cocok atau mesin kelebihan beban. Penaggulangannya bandingkan dengan jenis bahan bakar yang lain, kurangi beban ke keadaan yang  normal.

c. Warna asap biru atau putih
Penyebabnya cincin pelumas lengket, viskositas dari minyak pelumas tidak cocok. Penanggulangannya ganti cincin pelumas dengan yang baru, sesuaikan viskositas pelumas.

3. Mesin tiba-tiba berhenti
Penyebabnya pasokan bahan bakar terhalang, bahan bakar habis, bahan bakar CI tercampur dengan udara, atau ada bagian yang terbakar. Penanggulangannya bongkar dan pasang kembali bagian-bagian mesin, isi bahan bakar, dan hilangkan udara dari bahan bakar. Apabila masih ada kata-kata yang kurang dalam penulisan artikel ini mohon dimaafkan,manusia tak luput dari kesalahan he..he..

0 komentar:

Posting Komentar